Ruam Popok Pada Bayi Cara Mengobati Tanpa Menyebabkan Alergi

Ruam Popok Pada Bayi Cara Mengobati Anti Alergi Kulit

cara menghilangkan ruam popok pada bayi

Ruam popok terjadi karena adanya sebuah peradangan pada kulit bayi disekitar area bokong atau bagian kaki dan perut yang tertutup oleh popok. Kulit bayi mengalami ruam akan menimbulkan dan terdampak warna merah meradang pada bagian kulit luar. Ruam popok terjadi akibat adanya kontak kulit yang berangsur lama dan bersentuhan dengan kotoran bayi seperti urine dan tinja.

Kebanyakan kasus akan terjadi apda bayi yang sering menggunakan popok akan memiliki kecenderungan terjangkit ruam popok. Pada dasar nya kondisi ini bukan lah hal yang berbahaya, namun meskipun demikian sebagai orang tua harus lebih paham akan dampak yang akan terjadi, kondisi ini bisa menyebabkan bayi cenderung akan tidak nyaman dan lebih sering menangis atau rewel.

Pencegahan Ruam Popok Pada Bayi

Mengantisipasi dan menjaga kulit bayi agar tepat bersih dan kering setiap saat adalah pencegahan yang paling efektif untuk mengatasi masalah ruam popok. Adapun langkah langkah lain nya bisa di lakukan adalah sebagai berikut :

  • Upayakan mengganti popok sesegera mungkin apabila bayi sedang pipis atau pup
  • Pastikan ketika area kulit dengan seksama dan tidak tertinggal kotoran saat di bersihkan
  • Sesekali gunakan popok kain biasa yang lebih longgar dan tidak terus menerus menggunakan popok sekali pakai agar kulit bayi bisa lebih terbebas dan banyak aliran udara di area kulit.
  • Sebelum menggunakan popok baru, pastikan kulit bayi dalam keadaan kering. Gunakan kain halus / handuk untuk memastikan kulit bayi lebih kering dan tidak lembab.
  • Hindari mengggunakan bedak, karena bedak menyababkan iritasi pada kulit bayi.
  • Hindari penggunaan popok yang terlalu ketat, sedikit lebih longgar lebih baik.
  • Kurang penggunaakan tisu basah dengan pewangi, hal ini bisa menyebabkan iritas atau alergi, terutama bagi kulit bayi yang sensitif. Menggunakan air bersih adalah alternatif yang terbaik.
  • Gunakan salep lucas papaw untuk mencegah ruam popok. Lucas papaw sudah terbukti lebih dari 100 tahun sebagai produk yang aman untuk kulit bayi.
  • Pastikan tangan anda dalam keadaan berih ketika mengganti popok atau membersihkan kotoran saat bayi sedang berganti popok.
  • Apabila menggunakan popok kain, cuci lah dengan teratur serta jemur dalam kondisi benar benar kering dan di bawah terik matahari langsung.

Obat atau Salep Yang Tepat Untuk Ruam Popok

salep ruam popok

Sebagai saran dan rekomendasi salep yang tepat adalah menggunakan Lucas Papaw, karena terbuat dari bahan alami, dan qualitas produk yang terjamin dan sudah di gunakan oleh wanita di seluruh dunia. Lucas papaw terbuat dari buah pepaya carica dari Australia. Produk ini sudah digunakan lebih dari 100 tahun oleh masyarakat Australia, yang saat ini anda juga bisa membeli nya secara online. (Beli : Lucas Papaw Ointment)

Gejala Ruam Popok Pada Bayi

Pada usia bayi 1-2 tahun pertama adalah kondisi dimana ruam popok sering terjadi pada umumnya, terutama saat menjelang usai satu tahun pertama. Indikasi kemungkinan terjadi nya ruam popok di usia setelah 1-2 tahun sangat memungkinkan karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan. Adapun gejala yang sering terlihat adalah sebagai berikut :

  • Disekitar area bokong, lipatan kedua paha, paha bawah, area pusar dan area sekitar kelamin mengalam peradangan atau nampak merah.
  • Bayi cenderung gelisah dan rewel, sering menangis saat di ganti popok.

Kondisi terburuk dari ruam popok adalah adanya infeksi, apabila kondisi kulit bayi semakin tak kunjung membaik, atau bertambah merah karena penanganan yang tidak baik. Biasanya akan terjadi melepuh dan berbabah dan kondisi bayi akan menjadi demam.

Kenapa Ruam Popok Bisa Terjadi

Faktor yang mebabkan bayi mengalami ruam popok biasanya terpicu oleh beberapa alasan mendasar di bawah ini.

  • Popok terlalu lama tidak diganti, yang menyebabkan kontak antara kuilt bayi dengan urine/kotoran dalam waktu yang lama, disamping itu kondisi kulit bayi yang sensitif namun kurang mendapat penanganan yang lebih baik.
  • Adanya lecet di area kulit yang tertutup oleh popok, bisa terjadi karena gesekan karet popok dengan kulit bayi.
  • Infeksi bakteri dan Jamur pada kulit, area yang tertutup oleh popok biasanya akan lembab, hal ini memicu jamur dan bakteri akan lebih mudah tumbuh.
  • Kondisi kulit bayi yang sensitif, kondisi kulit bayi cenderung tidak sama, kulit yang bayi yang sensitif akan memicu ruam popok lebih tinggi.

Secara medis ruam popok bisa disembuhkan secara medis dari dokter, namun anda tidak perlu kuatir apabila ruam popok yang terjadi pada anak anda masih di level yang biasa saja. Oles kan lucas papaw di area bokong bayi atau kulit yang kemerahan dan lakukan secara rutin, maka ruam popok akan bisa hilang dalam waktu singkat, tanpa anda takut kulit bayi akan alergia.

Gunakan popok dengan ukuran yang tepat, serta menjaga keberihan kulit bayi dan mengganti popok secepatnya agar tidak terjadi iritasi kulit. Jangan menggunakan popok dengan ukuran yang terlalu ketat, agar kulit bayi bisa bersirkulasi dengan baik.

You may also like...

3 Responses

  1. June 24, 2018

    […] Cara penggunaan dan pemilihan popok yang salah dapat menyebabkan ruam pada kulit, ruam tersebut dapat berupa kemerahan atau kulit bersisik. Masalah ruam karena penggunaan atau pemilihan popok yang salah. Kalau sudah terlanjur, maka ada abeberapa cara yang dapat Momy lakukan untuk menghilangkan ruam popok. […]

  2. June 25, 2018

    […] atau bukalapak. Tidak hanya untuk mengatasi kulit terbakar, namun juga efektif untuk mengatasi ruam popok apabila anda memiliki masalah pada kulit […]

  3. June 29, 2018

    […] lalu. Brand dan kepercayaan publik sangat dikenal masyarakat untuk mengatasi masalah kulit termasuk ruam popok pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *